INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE
Haloo semuanya !!
Hari ini aku akan membagikan tulisan tentang Integrasi Antar Aplikasi Office. Materi ini dari pelajaran mana sih? Materi kali ini merupakan salah satu materi dari pelajaran Informatika loh teman-teman. Yuk kita pelajari lebih lengkap !!
Tujuan Pembelajaran :
- Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolahan kata,pengolah angka dan presentasi).
- Membuat Table of Content, Embed, dan Mall Merge
- Membuat grafik dengan menggunakan Ms Word dan Ms Excel
- Memakai fitur lanjut aplikasi office untuk membuat hyperlink di Ms. Powerpoint ke Ms. Word
Integrasi itu apa sih?
Nah, sebelum kita bahas lebih dalam tentang integrasi, kita ketahui dulu yuk apa tujuan utama dari sistem informasi.Tujuan utama nya apa tuh?
Tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Karena hal itu, suatu data atau sistem yang terintegrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi dan tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan. Aliran informasi diantara sistem sam bermanfaat bila data dalam file foto sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau output suatu sistem menjadi input bagi sitem lainnya.
Definisi Integrasi
Definisi Integrasi yaitu saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.
Integrasi terbagi menjadi dua, yaitu :
- Integrasi Data : proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajeman informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.
- Integrasi Sistem (Integrated System) : rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
Manfaat Integrasi :
- Satu Sumber Utama : Sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsitem mana yang melakukan pembaruan.
- Database Tertata Rapi : Salah satu hal penting dalam bisnis adalah data dan informasi. Database yang tertata rapi dan mudah diakses tentu akan menjadi keunggulan suatu perusahaan.Selain dapat menghemat waktu dan menekan biaya operasional, database yang rapih akan membuat suatu perusahaan akan lebih unggul dari perusahaan lain karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan lebih cepat dari perusahaan saingannya.
- User Interface yang lebih konsisten : Dengan menggunakan single platform yang mengintergrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita dapat memastikan kalau setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. Hal ini sangat penting, salah satunya untuk menyingkat proses adaptasi karyawan sebagai user dengan sistem yang digunakan tanpa mengalami kebingungan dengan sistem yang berbeda di setiap divisi atau bagian.
4 Cara Mengintegrasikan Aplikasi :
- Pemanggilan Prosedur/Function : Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
- Messaging : Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
- Sharing Database : Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datanya ke suatu tabel di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
- File Transfer : Mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
Integrasi Pada Aplikasi Ms Office
Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan. Mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.
- Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang saat ini sudah dikenal dari anak SD hingga anak kuliahan dan juga digunakan diperkantoran. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan microsoft ware. Contohnya membuat surat,tabel,gambar, desaign sederhana,dokumen dan berbagai macam pengolahan data lainnya.
- Microsoft Excel merupakan pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik. Dengan microsoft excel pengguna dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Microsoft excel merupakan progam populer yang jika kalian pelajari lebih jauh sebenearnya memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis.
- Microsoft Powerpoint yang berfungsi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi.Selain itu, dalam powepoint terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi jauh lebih menarik.
Contoh Integrasi Pada Aplikasi Ms Office
- Membuat tabel of content pada Ms Word
- Linking dan Embed pada aplikasi Ms Office
- Membuat surat massal pada Ms Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms Excel atau Ms Access
- Membuat grafik pada aplikasi Ms Office
Nah gimana nih teman-teman? Sudah lebih jelas kan tentang interaksi antar aplikasi office? Jadi kita semua tidak hanya memakai aplikasi-aplikasi tersebut tetapi juga mengetahui tentang ilmu-ilmu nya. Semoga bermanfaat ya !!
Komentar
Posting Komentar